Pasang iklan di jual/beli online (OLX, Berniaga, Rumah123, dll)?? Hati-Hati Anda berpeluang jadi korban penipuan


Tulisan ini bukan bermaksud menyudutkan situs penyedia iklan gratis yang beberapa diantaranya sudah sangat populer di dunia. Karena penipuan bukan dilakukan oleh pihak Penyedia , tapi oleh oknum pengguna yang memanfaatkan situasi. Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Kenapa bisa tertipu, Kan cuma pasang iklan ?
Sebenarnya modusnya sangat sederhana, misal anda memasang iklan di OLX untuk penjualan kendaraan/barang anda dengan mencantumkan kontak anda (No. HP/Telp). Nah, kesempatan ini diambil oleh sipenipu. Mereka berpura2 sebagai pembeli. Perlu diingat Mereka tidak akan langsung mengajak pertemuan (COD) tapi mereka meminta kita untuk menjual tidak kepada orang lain dengan alasan mereka sedang berada di luar kota, dan akan menjajikan transfer uang panjar dalam jumlah yang lumayan.

Anda akan diminta untuk ke ATM untuk megambil/melihat uang yang mereka transfer
mereka akan menelpon kembali untuk meminta anda ke ATM agar memeriksa hasil transfer mereka. Dana yang ditransfer memang tidak ada. Mereka akan menelfon kembali menanyakan dananya sudah masuk atau tidak. Saat kita bersikerras dananya tidak masuk ke rekening, mereka juga akan bersikeras bahwa mereka sudah mentransfer sejumlah dana sebagai panjar pembelian dan anda diminta untuk kembali ke ATM.


Menelpon Pihak Bank
Setelah itu dalam pembicaraan telefon mereka akan menyambungkan telpon ke pihak BANK (misal: Halo BCA). Hati-Hati, Karena yang mereka telfon adalah pihak Bank gadungan (komplotan mereka sendiri). Pihak Bank gadungan akan meminta anda untuk memeriksa sisa saldo yang tersisa dalam rekening dan menyebutkannya. Selanjutnya mereka menuntun anda ke menu transfer. Nah, Saat inilah kesempatan mereka. Jika kita tidak cepat sadar saldo kita akan habis ditransfer ke rekening mereka. Saat kesempatan ini mereka meminta kita menekan satu persatu menu yang menuntun ke menu transfer dengan alasan membantu masalah uang panjar barang yang tidak masuk ke rekening kita.

Saat kejadian untungnya saya cepat menyadari setelah memeriksa saldo yang mereka transfer tidak ada, Saya juga memeriksa riwayat mutasi rekening. Saya berpura-pura tidak tahu dan terus mengikuti kemauan mereka untuk mengetahui modus ini.

----Semoga tulisan ini membantu-----

0 Response to "Pasang iklan di jual/beli online (OLX, Berniaga, Rumah123, dll)?? Hati-Hati Anda berpeluang jadi korban penipuan"

Featured post

Cara mendaftar domain TLD Gratis dari Freenom

Freenom adalah salah satu penyedia domain (.tk .ga. .ml .cf ) yang memberikan domain gratis maksimal 1 tahun. Freenom sangat disukai para bl...