Sensor Opto Interrupter

Mengenal Sensor Opto Interupter.

Sensor Opto Interupter adalah suatu piranti elektronika yang disusun dalam seruang, dan berfungsi mendeteksi posisi atau sisi / tepi suatu benda yang dalam hal ini memantulkan sumber cahaya atau menghalanginya dari detektor. Gambar bentuk fisik dari opto interrupter ditunjukkan pada gambar dibawah.

Gambar 2.1 Simbol dan Bentuk Opto Interrupter
(Sumber : http://www.simplemotor.com)

Hampir pada semua opto interrupter menggunakan light emmiting diode (LED) sebagai sumber cahayannya, dan foto transistor atau foto dioda sebagai detektornya.
Karena bagian masukan sensor opto interrupter adalah dioda, maka karakteristik inputnya adalah sama dengan karakteristik dioda, dan karakteristik keluaran dari interrupter adalah sama dengan karakteristik transistor. Pada gambar dibawah ini ditunjukkan karakteristik input dan output dari sensor opto interrupter.


Jika pada input sensor opto interrupter diberi tegangan arus searah dalam bas maju, maka LED akan menyala memancarkan cahaya infra merah, intensitas cahaya led adalah berbanding lurus dengan besarnya arus anoda dan katoda yang diberikan. Intensitas cahaya led akan mengendalikan transistor keluaran (foto transistor) dalam keadaan jenuh, sehingga transistor berfungsi sebagai sakelar tertutup. Apabila pancaran cahaya dioda ke basis transistor terhalang, maka transistor akan berfungsi sebagai sakelar terbuka.

0 Response to "Sensor Opto Interrupter"

Featured post

Cara mendaftar domain TLD Gratis dari Freenom

Freenom adalah salah satu penyedia domain (.tk .ga. .ml .cf ) yang memberikan domain gratis maksimal 1 tahun. Freenom sangat disukai para bl...